Download doc. RPP kelas 6 Tema 1 Revisi 2018 (1 Lembar) Selamatkan Mahluk Hidup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
SD NEGERI 1
LAMBU KIBANG
KELAS 6
Diambil dari buku guru / Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.-- Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri 1 Lambu Kibang
Kelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran ke- :
1
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1
kali pertemuan)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
§
Setelah
membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok
dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
§
Setelah
menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan
menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
§
Setelah
mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif
melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
§
Setelah
berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan
manfaatnya dengan benar.
§
Setelah
membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya,siswa mampu
menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua Negara ASEAN terkait kondisi
geografisnya dengan benar.
§
Setelah
berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari
dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
B. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pembuka § Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa bersama. § Membaca Surat
Pendek (Juz Ama) dan dilanjutkan
membaca UUD 1945 § Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. § Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan § Guru memberi
motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa § Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak. § Guru mengulas
kembali materi yang disampaikan sebelumnya § Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini |
15 menit |
Kegiatan
inti |
Ayo Berdiskusi §
Siswa
diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi
waktu sekitar tiga menit. §
Setiap
siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah,
menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. §
Guru
membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain
untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. §
Guru
mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil §
diskusinya,
lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.
Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar
dari jawaban yang ada. Guru §
tidak
menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan
jawaban-jawaban yang ada. Ayo Membaca §
Siswa
melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tanaman jagung dalam hati. §
Setiap
siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan. §
Siswa
kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki
jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian
mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. §
Guru
menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. Ayo Mengamati §
Siswa
mengamati gambar bagianbagian reproduksi pada bunga dan membaca proses
perkembangbiakan generatif. §
Siswa
mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan
generatif. §
Siswa
mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut §
Siswa
mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan
generatif tumbuhan Ayo Berdiskusi §
Siswa
mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya. §
Siswa
mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagianbagiannya. Siswa
kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut. §
Siswa
membandingkan hasil gambarnya dengan gambar teman yang lain untuk mencari
persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta
menjelaskan perbedaan tersebut. §
Siswa
kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya
kepada guru. §
Guru
mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa. Ayo Berlatih §
Setelah
siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa
membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru
memberi waktu sekitar tiga menit. §
Dalam
kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara
ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk
menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. §
Guru
memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN. §
Guru
meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru
menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa
harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka
akan mencari informasi secara bertahap. §
Pada
pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua
negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn
(nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). Ayo Renungkan §
Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. §
Guru
dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada
lampiran di Buku Guru. |
180 menit |
Penutup |
§
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran
yang telah berlangsung: §
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari
ini? §
Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan
di sekitar? § Siswa bersama
guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. § Siswa menyimak
penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai
perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru. § Siswa menyimak
cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin. § Siswa
melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. § Kelas ditutup
dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala SDN 1 Lambu Kibang PUJIATI, S.Pd NIP.198306162014072002 |
|
Tulang Bawang
Barat, Guru Kelas RIFKI AMRULLAH, S.Pd NIP. |
Komentar
Posting Komentar