MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG UDIK KECAMATAN MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG
ABSTRAK
TENTANG
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA
DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV
SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG UDIK KECAMATAN MENGGALA
KABUPATEN TULANG BAWANG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
RIANA SAFITRI
NIM 824467033
Metode mengajar yang membosankan juga menjadi
salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa yang kuranng memuaskan. Untuk
itu perlu adanya inovasi dari dalam mengajar. Sebagai seorang guru dituntut
untuk dapat membuat siswanya tidak bosan serta menciptakan suasana yang
menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan penulismelalui penelitian ini adalah mengetahui apakah
Penggunaan Metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa Kelas IV di SDN 01 Ujung Gunung Udik kecamatan
Menggala Tahun Pelajaran 2016/2017.
Tempat Penelitian SDN 01 Ujung Gunung Udik kecamatan Menggala kabupaten Kabupaten
Tulang Bawang pada mata
pelajaran PKn Kelas IV. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Pelaksanaan
perbaikan pembelajaran melalui tiga siklus. Hasil pernelitian menunjukkan bahwa penggunaan
metode yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa sehinga
mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif.
Kesimpulan penelitian adalah 1) Penggunaan metode pembelajaran STAD dapat
meningkatkan proses dan
prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan yang sangat
berarti sehingga siswa lebih berhasil dalam belajar; 2) Dampak penerapan metode
STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa Kelas IV Sekolah Dasar,
terutama siswa Kelas IV SDN
01 Ujung Gunung Udik kecamatan Menggala kabupaten Tulang Bawang.
Kata kunci: Prestasi
Belajar, STAD, Mata Pelajaran PKn.
Komentar
Posting Komentar