MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG UDIK KECAMATAN MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG



ABSTRAK
TENTANG

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR  SISWA
DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)  PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV
SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG UDIK KECAMATAN MENGGALA
KABUPATEN TULANG BAWANG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIANA SAFITRI
NIM 824467033


Metode mengajar yang membosankan juga menjadi salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa yang kuranng memuaskan. Untuk itu perlu adanya inovasi dari dalam mengajar. Sebagai seorang guru dituntut untuk dapat membuat siswanya tidak bosan serta menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran.

Tujuan penulismelalui penelitian ini adalah mengetahui apakah Penggunaan Metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa Kelas IV di SDN 01 Ujung Gunung Udik kecamatan Menggala Tahun Pelajaran 2016/2017.

Tempat Penelitian SDN 01 Ujung Gunung Udik kecamatan Menggala kabupaten Kabupaten Tulang Bawang pada mata pelajaran PKn Kelas IV. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui tiga siklus. Hasil pernelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa sehinga mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif.

Kesimpulan penelitian adalah 1) Penggunaan metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses dan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan yang sangat berarti sehingga siswa lebih berhasil dalam belajar; 2) Dampak penerapan metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa Kelas IV Sekolah Dasar, terutama siswa Kelas IV SDN 01 Ujung Gunung Udik kecamatan Menggala kabupaten Tulang Bawang.

Kata kunci: Prestasi Belajar, STAD, Mata Pelajaran PKn.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemanfaatan Media Display dan Realia dalam Pembelajaran

Kumpulan Tugas PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional) PDGK 4501