MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD N 01 LESUNG BAKTI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT



ABSTRAK
TENTANG
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF
PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD N 01 LESUNG BAKTI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN HUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh
RATIH CHINTYA RETNO DEWI
NIM 824468683

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II pada SD N 01 Lesung Bakti Jaya, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu siswa kelas V semester II di SD N 01 Lesung Bakti  Jaya. Hasil test siswa merupakan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan merupakan peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan nilai KKM.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1). Motivasi siswa dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 cenderung meningkat. 2). Tingkat aktivitas siswa dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 cenderung meningkat. 3). Hasil belajar siswa dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 meningkat berdasarkan nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah. 

Kata kunci: Model Kooperatif, Hasil Belajar, Palajaran IPS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemanfaatan Media Display dan Realia dalam Pembelajaran

Kumpulan Tugas PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional) PDGK 4501