MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD N 01 LESUNG BAKTI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
ABSTRAK
TENTANG
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN
MODEL BELAJAR KOOPERATIF
PADA
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD N 01 LESUNG BAKTI JAYA
KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN
HUN PELAJARAN 2016/2017
Oleh
RATIH
CHINTYA RETNO DEWI
NIM
824468683
Penelitian yang
dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II
pada SD N 01 Lesung Bakti Jaya, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu siswa kelas V semester II di SD N 01
Lesung Bakti Jaya. Hasil test siswa
merupakan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Analisis data
yang digunakan merupakan peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan nilai KKM.
Hasil penelitian yang
dilakukan menunjukan bahwa: 1). Motivasi siswa dari siklus 1, siklus 2, dan
siklus 3 cenderung meningkat. 2). Tingkat aktivitas siswa dari siklus 1, siklus
2, dan siklus 3 cenderung meningkat. 3). Hasil belajar siswa dari siklus 1,
siklus 2, dan siklus 3 meningkat berdasarkan nilai KKM yang ditentukan oleh
sekolah.
Kata
kunci: Model Kooperatif, Hasil Belajar,
Palajaran IPS
Komentar
Posting Komentar