ABSTRAK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 1 LESUNG BAKTI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh RIFKI AMRULLAH NIM 824466318 Email : rifkiamrullah234@gmail.com Berangkat dari pemikiran tersebut dan di dorong realita yang ada di Sekolah Dasar Negeri 1 Lesung Bakti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran IPS penulis berusaha melakukan suatu tindakan dalam mengemban tugas profesional dan membantu siswa memecahkan kesulitan belajar khususnya pada mata pelajaran IPS pada materi koperasi. Penelitaian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan dan penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran interaktif tentang koperasi, pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Lesung Bakti Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tempat penelitian di SD Negeri 1 Lesung Bakti Jaya yang bertempat di Desa Lesung Bakti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 April 2017 sampai dengan 05 Mei 2017. Dari pengolahan data hasil belajar siswa pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 14 siswa atau sekitar 45.2 %, sebanyak 7 siswa mendapat nilai pas KKM atau sekitar 22.5 %, dan sebanyak 10 siswa mendapat nilai diatas KKM atau sekitar 32.3 %. Pada siklus 1 sebanyak 12 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM atau sekitar 38.8 %, sebanyak 5 siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 16.1 %, dan sebanyak 14 siswa mendapatkan nilai di atas KMM atau sekitar 45.1 %. Selanjutnya pada siklus 2 juga belum mengalami kenaikan nilai yang signifikan sebanyak 7 siswa mendapat nilai dibawah KKM atau sekitar 22.6 %, sebanyak 6 siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 19.3 %, dan sebanyak 18 siswa mendapatkan nilai di atas KMM atau sekitar 58.1 %. Dan pada siklus 3 hasil nilai yang diperoleh siswa adalah 100% diatas KKM atau Jumlah nilai adalah 2435 dan rata-ratanya adalah 78.5. Prosentase daya serap siswa 78%. Pada siklus III, nilai siswa yang berada diatas KKM, yaitu nilai diatas 65,00 sudah mencapai 31 siswa dari 31 siswa di kelas. Dapat dikatakan bahwa 100 % siswa sudah menguasai materi koperasi pada mata pelajaran IPS. Perbaikan yang terjadi dalam pembelajaran adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif. Dengan demikian peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa tentang koperasi dapat meningkat signifikan melalui Model Pembelajaran Interaktif yang diterapkan oleh guru. Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, IPS dan Koperasi
ABSTRAK
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS
DI
KELAS IV SD NEGERI 1 LESUNG BAKTI JAYA
KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Oleh
RIFKI AMRULLAH
NIM 824466318
Email
: rifkiamrullah234@gmail.com
Berangkat dari pemikiran tersebut dan di dorong realita
yang ada di Sekolah Dasar Negeri 1 Lesung Bakti Jaya, Kecamatan Lambu
Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran IPS penulis berusaha melakukan
suatu tindakan dalam mengemban tugas profesional dan membantu siswa memecahkan
kesulitan belajar khususnya pada mata pelajaran IPS pada materi
koperasi.
Penelitaian
ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan dan penguasaan materi
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran interaktif tentang
koperasi, pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Lesung Bakti
Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Tempat
penelitian di SD Negeri 1 Lesung Bakti Jaya yang bertempat di Desa Lesung Bakti
Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas IV penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 April
2017 sampai dengan 05 Mei 2017.
Dari pengolahan data hasil belajar siswa pada pra siklus, siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 14 siswa atau sekitar 45.2 %,
sebanyak 7 siswa mendapat nilai pas KKM atau sekitar 22.5 %, dan sebanyak 10
siswa mendapat nilai diatas KKM atau sekitar 32.3 %.
Pada siklus 1 sebanyak 12 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM atau sekitar
38.8 %, sebanyak 5 siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 16.1 %, dan
sebanyak 14 siswa mendapatkan nilai di atas KMM atau sekitar 45.1 %.
Selanjutnya pada siklus 2 juga belum mengalami kenaikan nilai yang signifikan
sebanyak 7 siswa mendapat nilai dibawah KKM atau sekitar 22.6 %, sebanyak 6
siswa mendapatkan nilai pas KKM atau sekitar 19.3 %, dan sebanyak 18 siswa
mendapatkan nilai di atas KMM atau sekitar 58.1 %. Dan pada siklus 3 hasil
nilai yang diperoleh siswa adalah 100% diatas KKM atau
Jumlah nilai
adalah 2435 dan rata-ratanya adalah 78.5. Prosentase daya
serap siswa 78%. Pada siklus
III, nilai siswa yang berada diatas KKM, yaitu nilai diatas
65,00 sudah mencapai 31 siswa dari
31 siswa di kelas. Dapat dikatakan bahwa 100 % siswa sudah menguasai materi
koperasi pada mata pelajaran IPS. Perbaikan
yang terjadi dalam pembelajaran adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran
interaktif.
Dengan
demikian peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa tentang
koperasi dapat meningkat signifikan
melalui Model Pembelajaran
Interaktif yang diterapkan oleh
guru.
Kata
Kunci: Pembelajaran Interaktif, IPS dan Koperasi
Komentar
Posting Komentar