MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 01 SUKA JAYA KECAMATAN GUNUNG AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
ABSTRAK
TENTANG
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
TERHADAP KONSEP BILANGAN BULAT
MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 01 SUKA JAYA KECAMATAN GUNUNG AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Oleh
FEFI KRISTINA
NIP 824461706
Penyebab kurang baiknya hasil belajar
siswa disebabkan oleh kurang tepatnya guru dalam memilih metode belajar,
padahal metode inilah yang menentukan
kegiatan siswa dalam belajar untuk memperoleh maksud yang di harapkan.
Penulis sebagai
peneliti melakukan penelitian perbaikan pembelajaran di kelas IV SDN 01 Suka Jaya dengan
menerapkan kaidah dan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil
diskusi dengan supervaisor 2 dalam perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan
sudah menunjukan peningkatan nilai hasil evaluasi siswa mulai dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Terbukti nilai
evaluasi pada pra siklus ada 4 orang (20%) dari 20 orang siswa
yang menempuh KKM. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1, siswa yang
mencapai KKM menjadi 8 orang (40%). Kemudian pada
pelaksanaan perbaikan siklus 2 hasil evaluasi siswa bertambah menjadi 12 orang(60%) siswa yang mencapai
KKM dan pada pelaksanaan siklus 3 hasil evaluasi
bertambah menjadi 18 orang (90%). Ini menunjukan adanya
hasil belajar yang sesuai dengan
harapan guru.
Hasil belajar siswa di kelas IV SDN 01 Suka Jaya,Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat
terhadap pembelajaran matematika tentang “Bilangan Bulat” mencapai peningkatan
yang signifikan dilihat dari nilai evaluasi siswa dari mulai Pra Siklus, Siklus
1, Siklus 2, sampai siklus 3.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode
Latihan, Mata Pelajaran Matematika.
Komentar
Posting Komentar